Mohamad Rido
Jekyll Theme All Article Contact About

Kumpulan Distro Linux Yang Bisa Dicoba Untuk Ketahui Kinerja Prosesor Sebelum Install

October 19, 2016

Penggunaan sistem operasi yang mendukung dengan spesifikasi minimum perangkat yang digunakan menjadi pilihan terbaik untuk memaksimalkan setiap beban pekerjaan. Berikut ini ulasan singkat dari Beberapa Distro Linux Bisa Dicoba Untuk Ketahui Kinerja Prosesor Sebelum Install. Detail dari masing-masing ditro linux, selebihnya bisa menuju langsung ke situnya.

Ubuntu

Linux Ubuntu merupakan salah satu distro linux yang popular, dalam urutan teratas di DistroWatch. Adanya pilihan untuk mencoba terlebih dahulu sebelum intall ketika keluar rilis terbaru sangat berguna sekali untuk melihat kinerja prosesor pada “System Monitor” apakah baik atau tidak. Kinerja prosesor normalnya kisaran tidak lebih dari 25% ketika tidak digunakan untuk membuka apkilasi. Jika terlalu berat ketika mencoba versi rilis terbaru, bisa menggunakan versi rilis di bawahnya. Selain mengeluarkan versi 32 bit dan 64 bit, Ubuntu juga memiliki varian Kubuntu, Lubuntu, Ubuntu Budgie, Ubuntu Kylin, Ubuntu MATE, Ubuntu Studio, Xubuntu yang masing-masing ada pilihan tersendiri berdasarkan aplikasi dan pengautran yang sama.



Mint

Linux Mint selalu berada dalam urutan teratas di DistroWatch, sebagai salah satu sistem operasi yang banyak digunakan. Selain mengeluarkan versi 32 bit dan 64 bit, Linux Mint memiliki tiga edisi yaitu Cinnamon, MATE, Xfce untuk para penggunanya. Linux Mint juga terdapat pilihan untuk mencoba terlebih dahulu sebelum intall pada boot option ketika keluar rilis terbaru sangat berguna sekali untuk melihat kinerja prosesor pada “System Monitor” apakah baik atau tidak. Kinerja prosesor normalnya kisaran tidak lebih dari 25% ketika tidak digunakan untuk membuka apkilasi. Jika terlalu berat ketika mencoba versi rilis terbaru, bisa menggunakan versi rilis di bawahnya.



Fedora

Linux Fedora ini jujur belum pernah mencoba, jadi perihal kinerja prosesor kurang tahu. Tapi sekilas dari hasil penelusuran untuk bahan ilustrasi postingan terlihat adanya pilihan untuk mencoba.



Tails

Updated 09 Mei 2021: Tails (The Amnesic Incognito Live System), atau sistem langsung penyamaran amnesik yang mulai saya gunakan untuk berkerja pada akhir 2020 hingga sekarang. Versi rilis 4.14 adalah versi yang pertama kali saya coba saat itu, sangat stabil untuk proses 3d rendering dengan kelas operating system live usb. Karena pada OS sebelumnya sekelas partisi di SATA SSD ketika proses 3d rendering sering force-close.


Tails adalah distribusi Linux berbasis Debian yang berfokus pada keamanan yang ditujukan untuk melestarikan privasi dan anonimitas. Semua koneksi yang masuk dan keluarnya dipaksa untuk melalui TOR, dan koneksi non-anonim diblokir. Wikipedia



Dalam ulasan ini lebih tepatnya mengenai sistem operasi distro linux untuk kebutuhan multimedia yang sering saya pakai. Jika ada kesempatan mendatang akan saya tambahkan lagi.

Next